Selasa, 11 Maret 2014

Presiden Obama undang Romney makan tengahari

29 Nov 2012

obama romney
Obama undang Romney sekaligus melobi Republik terkait anggaran tahun depan.
Presiden AS Barack Obama akan mengadakan jamuan makan siang di Gedung Putih bersama Mitt Romney, kandidat Parti Republik yang dia kalahkan dalam pemilihan presiden lalu.
Gedung Putih mengkonfirmasikan bahawa pertemuan tatap muka ini akan menjadi yang pertama sejak pemiluihan November lalu.

Saat malam pemilihan Obama pernah menyatakan bahawa dia akan mengundang mantan gubernur Massachusetts tersebut untuk membicarakan tentang bagaimana membawa negara lebih maju.
Dalam pemilihan lalu keduanya bersaing sengit dalam kampanye yang keras.
Selama tiga kali debat presiden, Obama dan Romney saling menginterupsi dan mencela dengan agresif setiap kebijakan yang diungkapkan keduanya.

Jurang fiskal

Bagaimanapun, mereka sekarang akan bertemu lagi, tapi dalam sebuah jamuan makan di Gedung Putih.
Namun pertemuan ini berlangsung tertutup, dan media dilarang meliput.
"Hanya dua orang (Obama dan Romney) yang berada di ruangan tersebut dan saya yakin akan menjadi sebuah diskusi yang berguna, kata juru bicara Gedung Putih Jay Carney kepada wartawan.

Pertemuan ini berlangsung disaat Obama dan Demokrat tengah bernegosiasi dengan anggota kongres dari Republik terkait jurang fiskal di anggaran mendatang - sebuah kombinasi peningkatan pajak dan pemangkasan belanja pengeluaran yang direncanakan berlaku 1 Januari.

Kebijakan ini sebagian berlangsung pada tahun 2011 dalam kesepakatan untuk mengekang defisit anggaran AS yang menguap, tetapi juga termasuk mencakup pemotongan pajak untuk semua orang Amerika yang diberlakukan saat berakhirnya era pemerintahan Bush.

Sewaktu kampanye lalu, Romney meminta pemangkasan anggaran pengeluaran yang dalam, dan pemotongan pajak untuk mengurangi defisit. Sedangkan Obama bersikeras kaum kaya harus membayar pajak lebih banyak.
Meski pertemuan ini dianggap sebagai lobi Obama terkait pembahasan anggaran, tetapi sejak kalah dalam pemilu Romney diketahui jarang tampil di publik dan pengamat menilai dia hanya memiliki sedikit pengaruh bagi Republik di kongres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar