Sabtu, 07 Desember 2013

Budidaya melon kinanti


Tanaman melon Kinanti
Melon Kinanti siap panen


Budidaya melon Kinanti memang sangat menggiurkan karena harga jualnya sangat kompetitif dan tidak dipermainkan sama tengkulak. Budidaya melon Kinanti sangatlah mudah dan hasil panen dibeli langsung oleh IBANA Semarang Jawa Tengah.
 Keberhasilan petani dapat di ukur dengan hasil panen yang sangat signifikan karena dari segi keuntungan sangatlah besar.
Petani Kabupaten Kudus sudah mulai bekerja sama dengan Ibana karena banyak petani yang sudah mulai menanam melon Kinanti tersebut.

Aplikasi budidaya melon Kinanti sangatlah mudah, karena kebutuhan pupuk sangatlah mudah di dapat dan tidak kesulitan untuk mencari pupuk tersebut. Pupuk yang sering dipakai dalam aplikasi tanam melon kinanti antara lain adalah ; Za, Urea, Ponska, SP36,KNO3, KCL sebagai pupuk dasar, jangan lupa dalam usia 7hst tanaman melon tersebut harus diberi pupuk tambahan atau yang sering disebut sebagai pupuk mikro karena tanaman melon kebutuhan unsur mikro sangat cukup banyak antara lain adalah ; unsur Ca,Mg,Mn dan Boron.
Apabila tanaman kekurangan salah satu dari unsur mikro misal Mg, maka pertumbuhan  tanaman tersebut akan terganggu dalam proses penyusunan Klorofil daun sehingga daun nampak kekuning-kuningan ditandai oleh warna diantara tulang-tulang daun yang menua. Tanaman yang kekurangan unsur Ca ditandai oleh terhambatnya pertumbuhan pucuk (titik tumbuh) dan lama-kelamaan tanaman akan kerdil dan mati.
Antisipasi terhadap serangan hama ,jamur dan layu fusarium juga sangat diperlukan karena apabila tanaman terserang dapat mengurangi hasil panen yang diharapkan. Untuk mencegah tanaman terserang layu fusarium sebaiknya dalam pembibitan perlu digunakan anti bakteri atau lewat media pengocoran setelah  bibit turun lahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar